Pakan Ayam berbagai jenis dan distributor Pakan  Ayam, Pakan Ayam Bangkok, Pakan Ayam Pedaging & Ayam Petelur.

Bisnis Ternak Ayam Potong

Ternak ayam merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat baik itu  di pedesaan hingga perkotaan. Untuk memenuhi tingkat produksinya, para peternak membutuhkan pakan ayam dalam jumlah yang banyak. Peternak ayam membeli pakan dengan jumlah karungan atau  per sak  karna harga jualnya terbilang lebih terjangkau dibandingkan harus membeli eceran tiap minggunya.

Untuk  pemula, ada tiga faktor utama yang menjadi kunci kesuksesan dalam berternak ayam, yaitu penyediaan bibit yang unggul dan manajemen pemeliharaan yang baik serta pemenuhan kebutuhan pakan. Untuk kebutuhan pakan ayam sendiri, umumnya peternak ayam lebih suka memberi pakan komersial dibandingkan mencampur bahan pakan sendiri

Pakan Ayam

Pakan merupakan faktor penting dalam beternak ayam, karena dapat memengaruhi tingkat produksinya. Selain itu, pakan  ayam yang bergizi, bernutrisi serta  tepat akan membuat ayam gemuk, sehat, dan juga kuat. Lalu, apa saja jenis pakan untuk ayam yang perlu  diberikan  sesuai kebutuhannya?

Pada dasarnya, ada banyak varian pakan ayam yang bisa kamu berikan. Dapat dibeli di toko atau juga bisa meraciknya sendiri agar dapat  menekan biaya produksi. Berikut ini jenis-jenis pakan ayam yang perlu diberikan untuk menunjang pertumbuhan ayam ternak.

Pakan Ayam- Dedak padi

Dedak padi atau umumnya disebut juga bekatul, mengandung sumber energi serta  asam amino yang tinggi. Namun sebaiknya, kamu perlu membatasi pemberian dedak pada ayam muda, hal itu karena di dalam dedak terkandung sekitar 11—12% serat kasar yang sulit dicerna oleh ayam yang berusia  muda. Selain itu, dedak juga mengandung banyak lemak, jika disimpan terlalu lama, dapat menggumpal juga  berbau tengik.

Pakan Ayam- Jagung

Jagung juga dapat menjadi pilihan banyak peternak ayam, karena nilai gizinya cukup tinggi, juga mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Ada 3 jenis jagung yang biasa dikenal, yaitu jagung kuning, jagung putih dan jagung merah

Jagung kuning bisa dikatakan yang terbaik, sebab meskipun harganya mahal tapi kandungan nutrisinya paling besar. Jagung kuning mengandung karbohidrat dan mengandung banyak pro-vitamin A. Selain itu serat kasar yang terkandung pun rendah, jadi lebih  mudah dicerna oleh ayam.

Pakan Ayam – Singkong

Meski kandungan energi metabolisnya hampir sama dengan jagung, kandungan protein singkong sangat rendah,  hanya sekitar 2—3%. Akan tetapi penggunaan singkong perlu dibatasi karena singkong memiliki kandungan  zat antinutrien sianogenik glukosida. Penggunaan singkong sebaiknya kurang dari 20%  total ransum. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan feses basah.

Pakan Ayam – Bungkil kacang kedelai

Bungkil kacang kedelai merupakan kacang kedelai yang sudah diambil minyaknya. Sama halnya seperti dedak, bungkil kacang kedelai mengandung asam amino tinggi, cukup lengkap serta mengandung gizi seimbang untuk ayam. Hanya saja, bungkil kacang kedelai relatif mudah dicerna jika  disangrai terlebih dahulu menggunakan suhu yang sedang dan jangan terlalu tinggi.

Pakan Ayam – Bungkil kelapa

Bungkil kelapa adalah hasil sisa dari pengolahan minyak kelapa. Umumnya daging kelapa yang dikeringkan atau disebut juga kopra akan diambil minyaknya dan sisanya disebut  bungkil kelapa. Bungkil kelapa tidak boleh disimpan pada suhu yang tinggi karena bisa menjadi tengik. Bungkil kelapa yang sudah tengik, tidak bisa diberikan pada ayam karena dapat menyebabkan diare.

Pakan Ayam – Grit

Grit terdiri atas berbagai campuran bahan,  seperti batu kali kecil, pecahan granit, mica, kapur, kulit kerang dan lain-lain. Memang tidak terdengar layaknya jenis makanan, tapi tetap memiliki kandungan manfaat. Grit yang mudah dicerna berasal dari kulit kerang, mengandung kalsium yang bisa meningkatkan kekuatan dan kualitas telur ayam.

Akan tetapi ada pula grit yang susah dicerna berasal dari batu kali, kerikil, granit,dan mica. Biasanya diberikan hanya untuk keperluan membantu pencernaan.

Pakan Ayam- Pelet

Pelet sangat disukai ayam karena funsinya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, menggunakan pelet lebih  efisien dan hemat daripada pakan jenis tepung.

Selain ketujuh pakan ternak ayam di atas, kamu juga bisa memilih pakan ternak yang sudah diraacik oleh perseroan. Komposisi pembuatan pakan ternak sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dari hewan ternak.

Ada banyak pabrik yang memproduksi pakan ternak, salah satunya ada PT Charoen Pokphan Indonesia. Produk pakan ternak yang ditawarkan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk terdiri dari

Pakan Ternak Ayam Pedaging

Pakan ternak jenis ini memiliki 3 jenis produk yang masing-masing mempunyai formula berbeda yang disesuaikan dengan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan di setiap masa pertumbuhan hewan ternak.

  1. Pakan Ternak untuk Pre-Starter
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging  yang berumur 1 hari hingga ayam pedaging itu berumur 7 hari.
  2. Pakan Ternak untuk Starter
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging yang berumur 1 hari hingga ayam pedaging itu berumur 21 hari atau  setelah ayam pedaging berumur 8 hari sampai dengan  ayam pedaging tersebut berumur 21 hari.
  3. Pakan Ternak untuk Finisher
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging yang  berumur 22 hari hingga ayam pedaging itu dipanen atau sekitar 30-45 hari.

Pakan Ternak Ayam Petelur

Pakan ternak ini memiliki 4 jenis produk, masing-masing mempunyai formula berbeda dan juga disesuaikan dengan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan  pada setiap masa pertumbuhan hewan ternak

  1. Pakan Ternak untuk Pre-Starter
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur  yang berumur 1 hari hingga ayam itu berumur 5 minggu.
  2. Pakan Ternak untuk Starter
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur yang  berumur 6 minggu hingga ayam petelur itu berumur 10 minggu.
  3. Pakan Ternak untuk Grower
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur  yang berumur 11 minggu hingga ayam petelur itu menghasilkan telur pertamanya.
  4. Pakan Ternak untuk Laying Phase
    Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur pada masa periode peneluran hingga afkir.

Selain pakan ternak di atas, Perseroan juga menyediakan  beberapa produk pakan ternak lainnya untuk Ayam Pembibit Turunan, Ayam Kampung, Ayam Aduan, Itik, Burung Puyuh dan pakan untuk Sapi serta  Babi. Produk pakan ternak tersebut  dapat menyesuaikan kebutuhan nutrisi pada setiap masa pertumbuhannya

 

Jika kamu tertarik memesan pakan ternak ayam di PT Charoen Pokphan Indonesia., silakan hubungi

Telepon +62-21-6919999
Faksimili +62-21-6907324
Alamat email investor.relations@cp.co.id
Web  https://cp.co.id/

 

Demikian informasi seputar  Bisnis Ternak Ayam Potong,  berbagai jenis Pakan  Ayam, Pakan Ternak Ayam Pedaging  dan Pakan Ternak Ayam Petelur. Semoga bermanfaat!